Toilet portabel adalah bilik portabel sederhana yang digunakan sebagai toilet kimia, biasanya digunakan sebagai toilet sementara di lokasi konstruksi atau pertemuan besar karena daya tahan dan kenyamanannya. Paten pertama untuk toilet portabel dikeluarkan pada tahun 1960 atas nama George Harding, seorang warga Amerika Serikat.

Seiring dengan banyaknya pembangunan atau proyek-proyek di dalam kota yang sangat memerlukan sanitari untuk kebutuhan pembuangan tinja sehari-hari para tukang-tukang bangunan ataupun staff teknisi kontraktor, maka dengan adanya keperluan itu banyak sekali kontraktor memerlukan toilet portabel sebagai ganti WC permanen yang belum jadi. Adapun aktifitas acara di luar ruangan perusahaan ataupun lembaga sosial lainnya sangat memerlukan toilet ini.

Kebutuhan akan toilet portabel sangatlah diperlukan untuk menjaga lingkungan tetap bersih atau ramah lingkungan agar tidak mengganggu aktifitas di luar yang belum tentu tersedianya air bersih ataupun sarana prasarana pembuangan tinja. Toilet portabel di buat dari plastik atau fiberglass yang biasanya telah dirancang sedemikian rupa agar dapat memenuhi kebutuhan akan peralatan mandi pada umumnya. ( Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas ).

Memilih Toilet Portable perlu di perhatikan beberapa hal di bawah ini :

  • Body Toilet Portable

Body Toilet portable harus kuat dan kokoh agar tahan dipakai di lapangan dalam cuaca panas dan hujan, Bodi yang tahan akan cuaca panas dan hujan menentukan umur dari pemakaian toilet tersebut. Toilet portable yang baik di rancang tanpa menggunakan bahan yang mudah karat seperti Sambungan baut pada bodi nya, Engsel pintu dan kunci pintu bukan bahan stainless. Jadi hindari pemilihan Portable Toilet yang menggunakan bahan atau asesoris yang mudah berkarat.

  • Bentuk Toilet Portable

Bentuk Toilet sangatlah penting untuk menjaga kenyamanan pemakaiannya seperti luasan dimensi Cabin nya, Cabin yang luas pada Toilet yang baik yaitu cabin yang leluasa untuk ukuran orang dewasa pada saat melakukan gerakan aktifitas di dalam cabin dan memberikan kenyamanan penggunannya. Ukuran Cabin yang nyaman untuk orang dewasa minimal dengan ukuran Toilet Panjang 125 x luas 90 cm.

  • Lantai Toilet Portable

Lantai pada Cabin Toilet sangat perlu di perhatikan dalam memilih Portable Toilet yang baik, Lantai Toilet harus memiliki faktor faktor kenyamanan dan keamanan pengguna pada saat di dalam cabin. Lantai yang kuat dan kokoh harus mutlak di miliki Toilet yang baik, Lantai harus mampu menahan beban 150kg/m2 atau beban 2 orang dewasa. Motif Lantai juga perlu diperhatikan Lantai Anti Slip dengan motif menjaga pengguna tidak kuatir akan terpeleset atau slip pada saat kondisi lantai basah di dalam cabin Toilet.

  • Closet dengan leher angsa

Closet dengan leher angsa adalah closet yang di rancang seperti hal nya closet berbahan kemamik pada umumnya dengan fungsi leher angsa pada bagian bawah closet jongkok ini yaitu untuk menahan bau gas dari tampungan septic tank masuk kedalam cabin karna leher angsa closet akan menampung air di bagian lengkung pada lobang closet.

  • Kelengkapan Toilet

Kelengkapan Produk Toilet yang baik memenuhi beberapa aspek seperti tersedianya Tangki air, Septic Tank yang Ramah Lingkungan, Body yang kuat, Pintu yang kokoh, Ventilasi bagian depan dan samping, Fitting lampu dengan stok kontak, Kran air dan pipa yang kuat.

Toilet Portable Biofive adalah Toilet yang di rancang dengan baik dan modern serta memenuhi syarat kenyamanan dan keamanan pengguna nya. Memiliki kelengkapan dan asesoris serta Model yang baik dan bagus.